Savitri CB

go informasi kesehatan

Pedoman manajemen informasi kesehatan, PORMIKI

Selamat buat PORMIKI… akhirnya keluar jg buku tentang informasi kesehatan pasien (rekam medis) di sarana pelkes. lama ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Horrassss…….!

Buku ini menggantikan buku petunjuk teknis penyelenggaraan rekam medis/medical record rumah sakit (1991) dan pedoman pengelolaan rekam medis rumah sakit di Indonesia (1994, 1997).

Buku ini membahas tentang banyak hal yang terkait dengan informasi kesehatan di sarana pelayanan kesehatan, mulai dari pengumpulan, pengolahan, dan penyampaian informasi kesehatan. secara garis besar isi buku tersebut diantaranya:

1. Sistem kesehatan nasional

Membahas tentang upaya kesehatan perorangan dalam sistem kesehatan nasional, sistem pembiayaan dan pembayaran pelayanan kesehatan, Manajemen klinik untuk penjagaan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

2. Dasar teknologi informasi kesehatan

Membahas tentang refleksi dari lampau hingga kini; Tujuan, pengguna dan funggsi rekam medis; isi dan struktur rekam medis; sistem klasifikasi utama morbiditas dan mortalitas; butiran data asuhan kesehatan; aspek etik dan huku.

3. Statistik

Membahas tentang statistik pelayanan kesehatan; dan metodologi untuk riset

4. Sistem dan teknologi informasi kesehatan

Mencakup tentang sistem informasi kesehatan nasional (siknas), sistem informasi kesehatan daerah (sikda), dan teknologi informasi dalam sistem informasi kesehatan

5. Prinsip organisasi dan supervisi

Membahas tentang pengenalan organisasi dan supervisi; supervisi fungsi dan teknologi informasi kesehatan; Analisis kuantitatif dan kualitatif dalam pengelolaan rekam medis; Pelatihan dan pembinaan staf.

Buku tersebut disarankan sebagai bacaan profesional perekam medis di Indonesia untuk mengelola sistem rekam medis di tempat pelayanan kesehatan. Tempat pelayanan kesehatan tersebut tidak dibatasi hanya rumah sakit, tetapi Puskesmas, praktek dokter, dan balai pengobatan, dll jg diwajibkan untuk membuat rekam medis (disebutkan juga dalam UUPK).

terakhir dari artikel ini, Horrasss Pormiki dan besok buat buku lebih baik lagi dong…. masih ada beberapa kalimat yg kelewatan edit lho. Cek untuk daftar isi di bab I dan juga untuk artikel tentang sistem pembayaran prospektif, ada lagi tata tulis yang masih ada kekeliruan teknis.

20/11/2008 - Posted by | informasi | ,

2 Comments »

  1. untuk dapetin bukunya bisa hubungi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PORMIKI masing-masing daerah. bukunya sekitar 15oan ribu. atau bisa saya bantu carikan lewat Kepala rekam medis Rumah Sakit Bethesda (pak Sis Wuryanto).

    Comment by savitricb | 26/12/2008

  2. untuk dapetin bukunya bisa hubungi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PORMIKI masing-masing daerah. bukunya sekitar 15oan ribu. atau bisa saya bantu carikan lewat Kepala rekam medis Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta (pak Sis Wuryanto).

    Comment by savitricb | 26/12/2008


Leave a comment